Skip to main content

Kebangkitan Ertugrul, Pahlawan Islam yang Gigih, Ini Filmnya Episode 8-30

Kisah Ertugrul tidak seagung pahlawan Islam lainnya. Seperti Muhammad Al-Fatih, sang penakluk konstantinopel. Juga Shalahuddin al-Ayubi. Ertugrul, pria tangguh, yang mampu bangkit dari segala cobaan.

Dia ksatria sejati, yang berjuang atas nama Allah. Berjuang melawan pengkhianat dari dalam sukunya, dan musuh dari luar. Kehidupannya memiliki keterkaitan dengan sejarah besar Islam masa itu. Diantaranya, Kesultanan Mamaluk di Mesir, Perang 'Ain Jalut, Agresi Mongol, Kesultanan Saljuk Roma, Perang Salib, dan tentu saja Kesultanan Utsmaniyah Turki. Ertughrul memang tidak terlibat langsung dalam sejarah itu. Tapi rangkaian peristiwa itu punya hubungan dengan kehidupannya.

Ertugrul (Bahasa Turki Utsmaniyah:ارطغرل, sering dengan gelar Gazi) (1191 / 1198, Ahlat-1281, Söğüt) adalah ayah dari Osman I yang merupakan pendiri Kesultanan Utsmaniyah. Dia adalah pemimpin Kayı yang merupakan marga dari Turki Oghuz. Ketika dia sampai di Anatolia dari Merv (Turkmenistan) dengan 400 orang berkuda untuk membantu Kesultanan Rûm melawan Kekaisaran Bizantium.

Ertugrul secara tidak langsung membuat rantai peristiwa yang mengarah pada berdirinya Kesultanan Utsmaniyah. Seperti anaknya, Osman I dan keturunannya pada masa depan, dia sering disebut dengan Ghazi. Dia merupakan pejuang yang bertarung untuk Islam.

Pada tahun 1230, Ertuğrul diminta untuk membantu Kesultanan Rûm melawan Kekaisaran Bizantium. Ertuğrul menerima wilayah Karaca Dağ, yaitu sebuah pegunungan dekat Angora(sekarang Ankara) oleh Ala ad-Din Kay Qubadh I, yaitu Sultan Turki Seljuk dari Rum. Satu bukti menunjukkan bahwa pemikiran pemimpin Seljuk memberikan wilayah untuk Ertuğrul agar diharapkan Ertuğrul mau mengusir setiap musuh dari Bizantium atau dari musuh lainnya.

Kemudian, dia mendapat desa Söğüt yang dia taklukkan pada 1231 bersama dengan wilayah di sekitarnya. Dia mempunyai 2 anak lainnya selain Osman I, yaitu Saru Batu Savcı Bey dan Gündüz.

Kisah Ertugrul dituangkan dalam serial film, yang ditayangkan di TRT, stasiun televisi Turki. Film berjudul Kebangkitan Ertugrul mampu menyedot perhatian dunia.

Semangat Ertugrul bisa menjadi diteladan bagi kita. Bagaimana dia melawan serangan dari luar, dan tidak lupa juga dengan serangan dari dalam. Pengkhiatan dari dalam atau musuh dalam selimut, lebih berbahaya karena tidak terlihat. Pengkhianatan itu datang dari belakangan tanpa kita ketahui. Tapi semua serangan itu mampu diatasi dengan baik oleh Ertugrul. Baginya, tidak ada kekuatan yang lebih dahsyat selain dari kekuatan-Nya.

Ada sebuah kalimat yang membuat merinding. Membuat ksatrianya tak lagi takut dengan pedang musuh. Membuat ksatrianya berani menjemput maut alias Syuhada. ’’Jika Kekuatanmu Lebih Besar dari Kekuatan-Nya, maka Majulah’’ Begitu ucapan Ertugrul saat mendapat gertakan dari pemimpin Templar. (*)

sumber; https://mztegar.wordpress.com

- Episode 8  https://drive.google.com/file/d/1fZ_f0Ab591EdouOKXFnTgBtEzVel-OzY/view 
- Episode 9 https://drive.google.com/file/d/1Ag8rjeJEe0L5inHiiOFvg1aDfn1fXYZZ/view
- Episode 10 https://drive.google.com/file/d/1fQ89AFedpeUrgVOzwKPiXUNc7E-VKZV9/view
- Episode 11 https://drive.google.com/file/d/1iFnzJxklh4wtPkpCfPQiDdEmBNwER0PL/view
- Episode 12 https://drive.google.com/file/d/1I980uWNPl7V7JBw9E2wr-h01G39qZRCx/view
- Episode 13 https://drive.google.com/file/d/142iIPaAwcf_U981yhrA51h5Rs3yr8DxY/view
- Episode 14 https://drive.google.com/file/d/1_Zw9gSeprLLCtHUm2eA989GnmR8qGtRS/view
- Episode 15 https://drive.google.com/file/d/1nimHHaz9c7aakJ3FSNkD-0T-vNP6Ruem/view
- Episode 16 https://drive.google.com/file/d/1sVm1IHU2yeD8_FSOxHOP6UmjDZN1WziV/view
- Episode 17 https://drive.google.com/file/d/1NoP8JN4IqkL-xsdKUoGIc_vrbXh1ujZ8/view
- Episode 18 https://drive.google.com/file/d/1P-9RGGoFTJvCCeL0PpQ59BIzLXLPcUPM/view
- Episode 19 https://drive.google.com/file/d/13k5wKDIhT6E0IOawWs4fh_3T1Kss_EK7/view
- Episode 20 https://drive.google.com/file/d/1-gYHBtC2LqtXzVuirYzD5A7SXrpXtQ9C/view
- Episode 21 https://drive.google.com/file/d/19tppPv8U8cu1HVxzZZ6TE9zg6X2GtT-V/view
- Episode 22 https://drive.google.com/file/d/1Pk02bHkZAeEEjHschRiDPRquERQoM2QA/view
- Episode 23 https://drive.google.com/file/d/1OXoqwpiB6QSluAmoADlcOq2WqLcOi9IO/view
- Episode 24 https://drive.google.com/file/d/19rd6cFLzgY12wZf7mAcTfJIPH65jv3v_/view
- Episode 25 https://drive.google.com/file/d/1QQCupXL8tn4c4zT9jGHfy0MtRvPc0UFD/view
- Episode 26 https://drive.google.com/file/d/1hNmuUR1EPQOvy0h8359jMKGVaKpsCYHY/view
- Episode 27 https://drive.google.com/file/d/1Uk5qxA1w_fmZnLDOUCsaGt-IyKLvfcpg/view
- Episode 28 https://drive.google.com/file/d/1TViFTIjNdrbReIiC964fxVG3kNP17Z5k/view
- Episode 29 https://drive.google.com/file/d/1okzGIc53wszsf7PJZduwBPsyhFh64lWG/view
- Episode 30 https://drive.google.com/file/d/1TApGX2AWLUHUmLYaLhF0TsnyF6L72nDx/view

Popular posts from this blog

Kejaksaan Usut Dugaan Korupsi Aset TK-SD Model Mataram

Kasipidsus Kejari Mataram Herya Sakti Saad MATARAM-Kejaksaan Negeri (Kejari) Mataram mengecek lokasi TK-SD Model Mataram di Jalan Brawijaya, Cakranegara, Kota Mataram. Karena ada dugaan korupsi serah terima aset tersebut. Dua orang jaksa mendatangi TK-SD Negeri Model sekitar pukul 11.00 Wita, belum lama ini. Mereka turun dengan mengenakan pakaian seragam warna cokelat. Usut punya usut, mereka yang diturun diketahui Kasipidsus Kejari Mataram Herya Sakti Saad. Ia didampingi salah seorang jaksa dari pidana khusus Kejari Mataram. Dua orang jaksa hendak menemui kepala sekolah tersebut. Namun yang bersangkutan tidak berada ditempat. Herya bersama anggotanya itu sempat mengamati bangunan berwarna kuning itu. Kasipidsus Herya Sakti Saad yang dikonfirmasi tidak menampiknya. Ia menjelaskan, ada pemberitaan di sejumlah media yang memuat kisruh aset TK-SD. Untuk itu, pihaknya menindaklanjuti dengan mengecek ke lokasi. ”Iya, memang kami turun. Tapi baru sebatas cek lokasi saja,” kata Herya di K

Adi Nugroho Kena 2 Tahun 6 Bulan

Adi Nugroho saat mendengarkan pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Mataram MATARAM -Terdakwa kasus dugaan penipuan pembelian tanah di Gili Trawangan, Adi Nugroho bakal lebih lama di penjara. Sebab, hakim Pengadilan Negeri (PN) Mataram menjatuhkan hukuman dua tahun enam bulan. Hakim yang dipimpin Suhartanto didampingi hakim anggota Sutarno dan Bagus Irawan menyatakan terdakwa bersalah. Pada persidangan yang dengan agenda pembacaan amar putusan, terdakwa terbukti melakukan tindak pidana sesuai dengan pasal 378 jo pasal 64 ayat 1 KUHP tentang Penipuan. ”Terdakwa terbukti bersalah dan dijatuhi hukuman dua tahun enam bulan kurungan penjara,” kata Suhartanto dalam amar putusannya, kemarin. Dalam persidangan itu, terdakwa hadir dengan mengenakan baju kemeja warna putih bergaris. Dia didampingi kuasa hukumnya, Lukas Budiono. Sementara, Jaksa yang diwakili Herya Sakti Saad. Putusan hakim itu lebih rendah dibanding tuntutan JPU. Sebelumnya, terdakwa dituntut dengan hukuman tiga tahun pe

Kalau Terbukti Selingkuh, Brigadir EW Akan Dihukum

Tepergok Berduaan Bersama Oknum Dewan Partai Demokrat Kota Bima AKBP Tri Budi Pangastuti MATARAM- Polda NTB turun tangan menyelidiki dugaan perselingkuhan Brigadir EW yang dipergoki bersama oknum dewan Kota Bima SI, yang juga putri Wali Kota Bima. Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda NTB berangkat menuju Kota Bima, Senin(10/4). Propam terbang ke Bima untuk meminta keterangan brigadir EW, yang bertugas di Polres Bima Kota. Kabidhumas Polda NTB AKBP Tri Budi Pangastuti memasikan oknum anggota Polres Bima dengan inisial Brigadir  EW akan diperiksa. Dia dimintai keterangan terkait laporan istrinya bernama Fita. ’’Kita periksa seputar keberadaan Brigadir EW di rumah oknum dewan saat tepergok istrinya sendiri, Minggu lalu (9/4). Tim dari Bidang Propam sudah turun untuk melakukan pemeriksaan,” kata Tri Budi, Senin (10/4). Mengenai dugaan perselingkuhan yang melibatkan oknum anggota, Tri Budi tidak ingin berspekulasi. Perwira dua mawar ini menegaskan, pihaknya tak ingin me